Minggu, 14 Desember 2008

Proyek Membuat Program Penerimaan Siswa Baru bab 5

BAB V
RINGKASAN MATERI

A. Memulai Microsoft Access
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Task bar Windows 95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Start – Program – Pilih – Program MS-Access .


B. Lembar Kerja MS Access
Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara :
1) Blank Access Database

2) Access database Wizards.

C. Membuka File Database
Membuka file database MS Access berarti membuka file yang pernah dibuat dan disimpan. Selain membuka jendela database yang pernah dibuat, Anda bisa membuka jendela database baru yang masih kosong caranya dengan memberi perintah Klik menu file pilih New atau pada Toolbars klik tombol news seperti berikut

D. Menutup File Database
Bila Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka sebelum menutup file simpan seluruh data yang pernah Anda buat, dengan memilih salah satu cara berikut :
1) Klik Exit pada menu File

2) Tekan tombol kombinasi shorcut Key Alt + F4
3) Klik icon Close pada Title Bar dibagian sudut kanan atas dari jendela database.

E. Menutup Program MS Access
Menutup program MS Access berarti keluar dari program MS Access. Untuk keluar dari program tersebut langkahnya sebagai berikut :
Klik menu File pilih Exit

F. Aplikasi Microsoft Access
Membuat Tabel
G. Mempersiapkan Aplikasi dan Data Masukan.
Setelah mengikuti ketentuan dalam membuat table, langkah selanjutnya adalah memasukan data Record, yang dilakukan dengan melalui jendela Data Sheet View dari sebuah table. Selain itu dapat juga dilakukan proses Editting data yaitu proses penambahan data record, memindah data Record, menyalin Data Record ataupun menghapus data record.

H. Mengecek Hasil Entry Data
Setelah data dimasukkan, melakukan pemeriksaan proses pemindahan dan pemasukan data apakah sesuai dengan prosedur atau intruksi kerja

I. Mengisi Check List Entry data
Mengidentifikasi langkah-langkah operasional dan keberhasilan proses pemindahan dan pemasukan data

Tidak ada komentar: